Thursday, 19 July 2018
Selamat datang",PengunjungMasuk atau Daftarkan

Fed Tapering apa itu?

November 13, 2013 08:21

Fed Tapering apa itu?

Fed Tapering adalah rencana pengurangan pembelian obligasi dari masyarakat oleh Bank Sentral Amerika ( The Fed). Biasanya The Fed bisa membeli obligasi dalam sebulan hingga 85 juta usd, sekarang katanya mau dikurangi menjadi 40 juta usd. Pertanyaannya kenapa dikurangi? Hehehe.... pertanyaan bagus. Karena The Fed kawatir jumlah uang yg beredar di masyarakat menjadi terlalu banyak.

Begini :
Pemerintah atau The Fed menjual surat hutang ke masyarakat dengan kupon 1%, misal jatuh tempo 30 tahun. Wow lama sekale. Prosedur ini digunakan ketika The Fed atau pemerintah ingin mengurangi jumlah uang yg beredar.

Bila ingin menambah jumlah uang yg beredar atau biasa disebut QE Quantitative Easing, prosedurnya dibalik. The Fed akan membeli surat utang pemerintah atau Treasury Bond, biasa disingkat T-Bond yg beredar di masyarakat. T-Bond ini beragam harganya, ada yg 1 juta usd / lembar, ada yg 500.000 usd/ lembar. Wew pertanyaannya The Fed dari mana uangnya, kok bisa beli T-Bond? Balik lagi ke leptop, The Fed akan mencetak uang untuk membayar T-Bond. Welaaa bolak balik kan, ini disebut quantitative, yg mana Bank Sentral mencetak uang untuk menambah jumlah uang yg beredar di masyarakat.

Terus kemana larinya uang-uang yg dicetak ? Ya seperti biasa, uang dipakai untuk :
1. Konsumsi, seperti beli handphone, makan, beli mobil, shoping dllnya.
2. Dimasukkan ke tabungan – deposito.
3. Masuk pasar komoditas membeli saham dll.

Point 1 uda biasa dilakukan, tetapi belum mampu menggerakkan ekonomi usa, meski hanya 3% saja.

Point 2, justru jarang dilakukan karena mayoritas masyarakat usa yg terbiasa hidup konsumtif, banyak terjerat kredit, dengan berbagai segala macam kredit.

Point 3 ini yg mencemaskan The Fed. Sejak program QE diluncurkan tahun lalu, nursa Nasdaq dan NYSE mencari rekor hits tertinggi. Padahal tujuan utama The Fed adalah agar masyarakat berbelanja barang konsumsi dan terjadi lah perputaran perekonomian, bukan berspekulasi di pasar modal dan komoditas. Makanya sekarang mereka mengurangi aktivitas mencetak uang ini, agar dana yg beredar di bursa saham bisa berpindah ke dunia tenaga kerja dan konsumi – from wall street to main street.

Komentar oleh pengguna (0)
Silahkan Masukuntuk memberikan komentar

© 2010 KristinaFX. All Rights Reserved